PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII A SEMESTER GENAP SMP TRIMULYA TAHUN PELAJARAN 2013-2014

NURYATI, 0113075006 (2014) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII A SEMESTER GENAP SMP TRIMULYA TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, khususnya meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan menetapkan strategi pembelajaran sesuai dengan tujuan kurikuler.Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII ASMP Trimulya pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Prosedur penelitian meliputi identifikasi permasalahan yang dihadapi guru dan siswa yang berkaitan dengan proses pembelajaran IPS. Adapun masalah yang dikaji adalah penggunaan LKS untuk meningkatkan aktifitas belajar IPS . Tindakan yang diberikan adalah siswa mengerjakan kegiatan / kerja pada lembar LKS (Lembar Kerja Siswa) yang diberikan setelah penyampaian materi pelajaran secara singkat. Metode penelitian ini menggunakan metode kaji tindak, yang dilaksanakan selama tiga siklus. Data yang diambil berupa data aktifitas belajar siswa, yang diperoleh melalui alat pengumpul data yaitu lembar observasi dengan cara pengamatan aktifitas belajar siswa. Selanjutnya diadakan refleksi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam proses belajar mengajar. Penelitian dilaksanakan di SMP TRIMULYA Tanjung Bintang Kabupaten Lampung selatan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan peneliti menggunakan tiga siklus pembanding diantaranya Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi dalam setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII A semester Genap di SMP Trimulya tahun pelajaran 2013-2014 dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa, yaitu jumlah siswa yang aktif sebesar 31,1 % atau 14 siswa pada siklus I menjadi 66,7 % atau 30 siswa pada siklus II dan menjadi 88,9 % atau 40 siswa pada siklus III. Dari tiga cara yang diberikan pada siklus ini, penggunaan LKS yang paling ideal untuk meningkatkan aktifitas belajar pada siswa adalah penggunaan LKS yang dilaksanakan secara kelompok dengan model LKS yang memberikan jenis kegiatan pada siswa berupa identifikasi gambar atau foto dan pemecahan masalah seperti dilaksanakan pada siklus III.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 17 Oct 2014 02:34
Last Modified: 17 Oct 2014 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4187

Actions (login required)

View Item View Item