MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI SMA SWADHIPA NATAR TAHUN AJARAN 2013/2014

RIA SETIAWATI, 0113033056 (2014) MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI SMA SWADHIPA NATAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (265Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak

Minat merupakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti ke SMA Swadhipa Natar, diketahui bahwa minat belajar sejarah masih rendah. Hal ini terlihat dari aktivitas belajar siswa pada observasi pendahuluan terdapat 36,67% yang aktif, sedangkan siswa yang kurang aktif selama pembelajaran mencapai 63,33%. Aktivitas pembelajaran seperti memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan tugas secara mandiri dan bertanya saat proses pembelajaran masih kurang terlihat. Untuk mengatasi hal tersebut guru perlu menerapkan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara optimal. Salah satunya dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Model pembelajaran ini juga menuntut siswa agar aktif, berpikir kritis, dan berani mengemukakan pendapatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif di mana teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write di SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014 dikategorikan dalam minat belajar sedang dengan aktivitas belajar yang dominan yaitu aktivitas siswa mencatat materi yang dijelaskan oleh guru. Data tersebut diketahui pada tiga kali eksperimen terdapat dua kali yang dikategorikan dalam minat belajar sedang, dan satu kali eksperimen dikategorikan dalam kategori minat belajar yang tinggi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 17 Oct 2014 02:34
Last Modified: 17 Oct 2014 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4197

Actions (login required)

View Item View Item