Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X MAN 2 Tanjung Karang Tahun Ajaran 2013/2014

Afni, 1013033070 (2014) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X MAN 2 Tanjung Karang Tahun Ajaran 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DEPAN.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (300Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (275Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (333Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (255Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30Kb) | Preview

Abstrak

Dalam proses pembelajaran kemampuan menggunakan strategi pembelajaran adalah penting karena hal ini dapat menjamin keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar. Oelh karena itu guru perlu menerapkan suatu strategi pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berfikir siswa secara optimal. Salah satu strategi tersebut adalah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Dalam pembelajaran Sejarah dengan menggunakan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil ini diduga dapat meningkatkan peran aktif siswa, sebab Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil bukan model pembelajaran yang membiarkan siswa untuk pasif atau sekedar mendengar dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru, tetapi dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil ini siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran khususnya aktivitas proses berpikir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media visual pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas X5 MAN 2 Tanjung Karang Tahun Ajaran 2013/2014”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menggunakan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X5 MAN 2 Tanjung Karang Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, dokumentasi, tes, dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Kuantitatif. Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Visual pada siswa kelas X5 MAN 2 Tanjung Karang memiliki hasil belajar lognitif yang baik. Hal ini dapat dilihat dari pada data posttest yang terakhir, kategori yang memiliki persentase (%) tertinggi dalam posttest ketiga adalah kategori nilai 79 – 79 (baik) , dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 37 orang siswa yang mengikuti posttest6 ketiga paling banyak hasil belajarnya masuk pada kategori ini, yakni sebanyak 20 siswa dengan persentase 55, 56 %.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 808883 . Digilib
Date Deposited: 16 Oct 2014 06:57
Terakhir diubah: 16 Oct 2014 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4250

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir