Bernaditha C. Marina, 1225011001 (2014) Analisa Dampak Car Free Night Terhadap Kinerja Jaringan Jalan di Kawasan Enggal Bandar Lampung. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstract.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lembar Persetujuan.pdf Download (262Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lembar Pengesahan.pdf Download (489Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lembar Pernyataan.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Motto.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (212Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (594Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (621Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1312Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (289Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Program car free night merupakan tantangan sebuah kota untuk masyarakatnya menghabiskan waktu satu malam tanpa kendaraan bermotor, program ini menerapkan pelarangan melintas bagi kendaraan bermotor di beberapa ruas jalan tertentu di malam hari. Car free night bertujuan mengurangi angka kemacetan dengan menyediakan ruang publik terbuka yang lebih banyak bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan mensimulasikan pembebanan arus lalu lintas akibat pemilihan rute terkait penutupan Jl. Sriwijaya di Bandar Lampung dengan cara manajemen dan rekayasa lalu lintas, dan juga mengetahui dampak pengaruh car free night terhadap tingkat pelayanan jalan (LoS) ruas jalan di kawasan Enggal ditinjau dari arus lalu lintas dan nilai derajat kejenuhan (V/C Ratio). Dari hasil perhitungan dan analisa, dapat diketahui bahwa car free night tidak berdampak terhadap kinerja jaringan jalan di kawasan Enggal, hal ini terlihat dari hasil simulasi tingkat pelayanan di semua ruas jalan pada wilayah kajian memiliki nilai V/C Ratio < 0,75 karenanya tidak diperlukan skenario penanganan manajemen rekayasa lalu lintas. Rute alternatif yang dapat dipilih terkait penutupan Jl. Sriwijaya akibat car free night adalah: arus lalu lintas dari Jl. Diponegoro menuju Jl. Raden Intan dapat melewati Jl. Ahmad Yani – Jl. Let. Jend. Suprapto – Jl. S. Parman. Sedangkan untuk validasi 20% terhadap perbandingan kinerja ruas jalan perhitungan manual (MKJI) dan simulasi (Tranplan) di kawasan Enggal, hanya kinerja Jl. Majapahit saja yang memiliki selisih perbandingan arus lalu lintas mencapai 240,40%. Hal ini diakibatkan terdapat perbedaan persepsi antara kedua kondisi yang bersifat non teknis dan tidak terukur. Jika pada kondisi riil / aktual pengguna jalan lebih memilih Jl. Sriwijaya jika dibandingkan Jl. Majapahit demi alasan keamanan, kenyamanan dan kemudahan. Maka pada kondisi simulasi, program Tranplan lebih memilih Jl.Majapahit jika dibandingkan Jl. Sriwijaya karena jarak tempuh yang lebih pendek untuk menghubungkan perjalanan antar zona. Kata kunci : Car Free Night, Kinerja Ruas Jalan, Pembebanan Arus Lalu Lintas, Simulasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 20 Oct 2014 01:47 |
Terakhir diubah: | 20 Oct 2014 01:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4285 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |