PENGARUH KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL (GAMBAR, GRAFIK, DAN MODEL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI AJAR DINAMIKA PARTIKEL

ISMI DWI MUSTIKA ARUM, 1013022074 (2014) PENGARUH KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL (GAMBAR, GRAFIK, DAN MODEL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI AJAR DINAMIKA PARTIKEL. FAKULTAS ISIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (206Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (223Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47Kb) | Preview

Abstrak

Materi dinamika partikel khususnya Hukum Newton menuntut kemampuan siswa dalam menganalisis dan menguraikan arah-arah gaya pada suatu sistem untuk membantu mereka dalam memahami suatu konsep. Guru perlu memilih suatu representasi visual yang ditunjang dengan representasi lain dalam menyajikan materi supaya siswa lebih mudah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan representasi visual (gambar, grafik, model) terhadap hasil belajar siswa pada materi ajar dinamika partikel. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Gadingrejo dengan jumlah 31 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan sub materi Hukum Newton. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh data kemampuan representasi visual dan hasil belajar siswa yang kemudian diuji normalitas dan linieritasnya sebagai prasyarat uji regresi dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal dan linier. iii Ismi Dwi Mustika Arum Hasil uji regresi yang dilakukan menunjukkan nilai R square sebesar 0,666 yang berarti bahwa pengaruh kemampuan representasi visual terhadap hasil belajar siswa sebesar 66,6% dengan koefisien korelasi yang positif sebesar 0,816 menunjukkan kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan persamaan regresi Y = 22,316 + 0,770X. Hasil analisis juga menunjukkan nilai thitung sebesar 7,603 dan signifikansi 0,000 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,045. Dengan ketentuan thitung > ttabel dan signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: kemampuan representasi visual dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 Oct 2014 01:46
Last Modified: 20 Oct 2014 01:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4333

Actions (login required)

View Item View Item