Made Bandung, MADE SUPARMI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JEMBRANA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (194Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1076Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah, sebanyak 7 (tujuh) siswa atau 29,17% (dua puluh Sembilan koma tujuh belas) siswa tuntas dan 17 (tujuh belas) siswa atau 70,83% (tujuh puluh koma delapan puluh tiga) siswa belum tuntas, khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Negeri 1 Jembrana. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan metode eksperimen dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SD Negeri 1 Jembrana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 52,9 (lima puluh dua koma sembilan) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,8 (tujuh puluh sembilan koma delapan). Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 59,17 (lima puluh Sembilan koma tujuh belas) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,92(tujuh puluh tujuh koma tujuh belas). Ketuntasan siswa pada siklus I hanya mencapai 58,33% (14 siswa) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (24 siswa). Kata Kunci: Aktivitas hasil belajar, metode eksperimen
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:04 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/439 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |