Gusriana, 1013022034 (2014) PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (228Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (210Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Indonesia Berdasarkan hasil observasi masih banyak siswa yang kurang memiliki sikap ilmiah dalam mempelajari fisika. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang diterima siswa masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Siswa hanya diberikan konsep tanpa ada proses ilmiah untuk menemukan konsep tersebut, sehingga siswa pasif dan kurang bisa mendorong sikap ilmiah siswa ke arah positif dalam mempelajari fisika. Siswa yang memiliki sikap ilmiah yang positif terhadap fisika, akan cenderung lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta sikap kritis. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Populasi penelitian adalah seluruh Siswa Kelas X, sedangkan sampel yang diambil yaitu Kelas X4 dengan jumlah 34 siswa. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan desain one-shot case study. Sebelum dilakukan uji regresi, data sikap ilmiah dan penguasaan konsep dilakukan uji normalitas dan uji linieritas yang dianalisis dengan bantuan SPSS 17.0. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji regresi linear sederhana antara sikap ilmiah siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Persentase rata-rata sikap ilmiah siswa adalah sebesar 66% dengan kategori tinggi, sedangkan rata-rata nilai belajar siswa adalah sebesar 70 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kontribusi sebesar 31%. yang merupakan nilai koefisien determinasi (R Square). Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,560 dan persamaan regresinya adalah Y= 34,807 + 0,528 X. Kata kunci: sikap ilmiah, penguasaan konsep, inkuiri terbimbing.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 29 Oct 2014 02:37 |
Terakhir diubah: | 29 Oct 2014 02:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4394 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |