PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Gusriana, 1013022034 (2014) PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (175Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (210Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Indonesia Berdasarkan hasil observasi masih banyak siswa yang kurang memiliki sikap ilmiah dalam mempelajari fisika. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang diterima siswa masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Siswa hanya diberikan konsep tanpa ada proses ilmiah untuk menemukan konsep tersebut, sehingga siswa pasif dan kurang bisa mendorong sikap ilmiah siswa ke arah positif dalam mempelajari fisika. Siswa yang memiliki sikap ilmiah yang positif terhadap fisika, akan cenderung lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta sikap kritis. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Populasi penelitian adalah seluruh Siswa Kelas X, sedangkan sampel yang diambil yaitu Kelas X4 dengan jumlah 34 siswa. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan desain one-shot case study. Sebelum dilakukan uji regresi, data sikap ilmiah dan penguasaan konsep dilakukan uji normalitas dan uji linieritas yang dianalisis dengan bantuan SPSS 17.0. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji regresi linear sederhana antara sikap ilmiah siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Persentase rata-rata sikap ilmiah siswa adalah sebesar 66% dengan kategori tinggi, sedangkan rata-rata nilai belajar siswa adalah sebesar 70 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah siswa terhadap penguasaan konsep fisika siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kontribusi sebesar 31%. yang merupakan nilai koefisien determinasi (R Square). Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,560 dan persamaan regresinya adalah Y= 34,807 + 0,528 X. Kata kunci: sikap ilmiah, penguasaan konsep, inkuiri terbimbing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 29 Oct 2014 02:37
Terakhir diubah: 29 Oct 2014 02:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4394

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir