PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AYU SILVIA FEBRIANI, 1013053042 (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (405Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (647Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang menunjukkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Timur. Ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 53,57% dengan kategori sedang. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada setiap siklusnya dari 3 pertemuan Prosedur penelitian yang terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,49 kategori aktif kemudian meningkat sebesar 8,33 menjadi 81,82 kategori sangat aktif pada siklus II. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I yaitu 66,43 (64,29%) kategori baik meningkat sebesar 12,67 menjadi 79,10 (85,71%) kategori baik pada siklus II. Sementara itu rata-rata hasil belajar siswa pada aspek sikap percaya diri pada siklus I adalah 71,25(67,86%) kategori percaya diri dan siklus II menjadi 82,50 (78,57%) kategori sangat percaya diri. Selain itu, nilai rata-rata keterampilan siswa pada siklus I adalah 72,54 (67,86%) kategori terampil dan siklus II adalah 82,74 (82,14%) kategori sangat terampil. Kata kunci : Cooperative Learning tipe Talking Stick, Aktivitas, Hasil.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 425356 . Digilib
Date Deposited: 22 Oct 2014 03:31
Last Modified: 22 Oct 2014 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item