NURLAILA KURNIAWATI, 0913024059 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK ORGAN PERNAPASAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas V Semester Ganjil SD Negeri 1 Gumukrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (328Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (340Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (315Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (54Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Indonesia Aktivitas belajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Hasil observasi di kelas V SD Negeri 1 Gumukrejo, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas V2 dan V1 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui observasi serta data pendukung berupa deskripsi tanggapan siswa terhadap penggunaan media animasi yang diperoleh melalui penyebaran angket. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian pretes dan postes, kemudian rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi meningkatan aktivitas belajar pada semua aspek yang diamati dengan rata-rata peningkatan berkriteria baik (85,49 ± 7,42). Penguasaan materi mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes (45,50 ± 6,74); postes (85,72 ± 8,14); dan N-gain (74,67 ± 12,76). Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media animasi. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media animasi berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci: media animasi, aktivitas belajar, penguasaan materi oleh siswa, organ pernapasan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 29 Oct 2014 02:37 |
Terakhir diubah: | 29 Oct 2014 02:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4409 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |