ENI YUNITA, 0913024034 (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI POKOK AKAR TUMBUHAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD N 1 Pariaman Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (3632Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (15Mb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN .pdf Download (3590Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (506Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode praktikum terhadap aktivitas belajar dan keterampilan proses siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVA dan IVB yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan gain yang dianalisis secara statistik dengan uji t dan uji U, sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode praktikum menyebabkan aktivitas belajar siswa memiliki rata-rata sangat tinggi. Rata-rata aktivitas “mengamati” berkriteria sangat tinggi (95,83%), “mendiskusikan” berkriteria tinggi (86,70%), dan “merumuskan ide atau gagasan” berkriteria tinggi (87,50%). Eni Yunita iii Selain itu, terjadi peningkatan pada keterampilan proses siswa. Rata-rata nilai keterampilan proses siswa adalah 76,26 dengan gain sebesar 0,68 atau berkriteria sedang. Peningkatan keterampilan proses secara signifikan terjadi pada indikator mengkomunikasikan dan memprediksikan dengan gain masing-masing indikator tersebut adalah 0,51 dan 0,70. Kemudian peningkatan keterampilan proses secara tidak signifikan terjadi pada indikator mengamati dengan gain 0,48; mengklasifikasi dengan gain 0,35; dan menginferensi dengan gain 0,78. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode praktikum berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan keterampilan proses siswa. Kata kunci : Metode Praktikum, Aktivitas Belajar, Keterampilan Proses Siswa, Akar Tumbuhan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 21 Oct 2014 03:05 |
Terakhir diubah: | 21 Oct 2014 03:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4410 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |