PENGARUH PENERAPAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI POKOK AKAR TUMBUHAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD N 1 Pariaman Tahun Pelajaran 2013/2014)

ENI YUNITA, 0913024034 (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI POKOK AKAR TUMBUHAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD N 1 Pariaman Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (3632Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (15Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN .pdf

Download (3590Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode praktikum terhadap aktivitas belajar dan keterampilan proses siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVA dan IVB yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan gain yang dianalisis secara statistik dengan uji t dan uji U, sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode praktikum menyebabkan aktivitas belajar siswa memiliki rata-rata sangat tinggi. Rata-rata aktivitas “mengamati” berkriteria sangat tinggi (95,83%), “mendiskusikan” berkriteria tinggi (86,70%), dan “merumuskan ide atau gagasan” berkriteria tinggi (87,50%). Eni Yunita iii Selain itu, terjadi peningkatan pada keterampilan proses siswa. Rata-rata nilai keterampilan proses siswa adalah 76,26 dengan gain sebesar 0,68 atau berkriteria sedang. Peningkatan keterampilan proses secara signifikan terjadi pada indikator mengkomunikasikan dan memprediksikan dengan gain masing-masing indikator tersebut adalah 0,51 dan 0,70. Kemudian peningkatan keterampilan proses secara tidak signifikan terjadi pada indikator mengamati dengan gain 0,48; mengklasifikasi dengan gain 0,35; dan menginferensi dengan gain 0,78. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode praktikum berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan keterampilan proses siswa. Kata kunci : Metode Praktikum, Aktivitas Belajar, Keterampilan Proses Siswa, Akar Tumbuhan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 21 Oct 2014 03:05
Last Modified: 21 Oct 2014 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item