EVA FEBRIYANTI R., 0853024015 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (419Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (362Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (346Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (343Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di kelas VII MTs Negeri 2 Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan VII H sebagai kelas kontrol yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media video yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi dalam semua aspek. Pada aspek bekerjasama dengan teman bernilai sebesar (78,33); aspek mempresentasikan hasil penyelidikan/diskusi kelompok sebesar (79,99); aspek mengajukan pertanyaan sebesar (66,66), Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar (36,55); nilai postes (72,68); dan N-gain (56,14). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media video. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media video berperangaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : Media video, aktivitas belajar, hasil belajar, dan ciri-ciri makhluk hidup.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Oct 2014 02:21 |
Terakhir diubah: | 24 Oct 2014 02:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4415 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |