PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNG

NOVALIA ARISKA, 1013024013 (2014) PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (290Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (273Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (262Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik dan pembelajaran konstruktivisme pada kelas III Sekolah Dasar di Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh adalah guru kelas III yang mengajar IPA pada SD Negeri yang berjumlah 6 guru. Data diperoleh dari lembar observasi kegiatan pembelajaran dianalisis dan dibandingkan dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan pembelajaran konstruktivisme. Data berupa deskripsi tentang pelaksanaan proses pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas III pada SD Negeri di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung adalah kurang sesuai dengan standar proses, pendekatan saintifik dan pembelajaran konstruktivisme. Hal ini karena terdapat 83,4% guru yang melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan standar proses. Terdapat terdapat 66,7% guru yang melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan pendekatan saintifik. Terdapat 66,7% guru yang melaksanakan pembelajaran kurang sesuai dengan pembelajaran konstruktivisme. Kata kunci: pembelajaran IPA, pembelajaran konstruktivisme, pendekatan saintifik, profil guru, standar proses

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 21 Oct 2014 03:05
Last Modified: 21 Oct 2014 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4417

Actions (login required)

View Item View Item