IRNA YULYATI, 0913024011 (2014) PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK VERTEBRATA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (288Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio- visual melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi pokok vertebrata oleh siswa SMA Negeri 13 BandarLampung. Desain penelitian ini adalah pretes-postes ekuivalen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari pretes dan postes pada setiap pertemuan. Analisis data aktivitas siswa menggunakan analisis deskriptif, sedangkan penguasaan materi menggunakan analisis uji-t dan uji U dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media audio-visual tidak berpengaruh terhadap ii aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran yaitu tidak adanya peningkatan aktivitas dari pertemuan I ke pertemuan II dengan penurunan rata-rata sebesar (3,3 %). Hasil aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria sedang. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen berkriteria cukup. Pada aspek mengemukakan pendapat 59,86 % bekerjasama 72,38%, presentasi 68,42%, bertanya 51,92% dan menjawab pertanyaan 51,96%, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata aktivitas belajar siswa berkriteria baik. Aspek mengemukakan pendapat 61,85 % bekerjasama 76,95%, presentasi 69,73%, bertanya 55,90% dan menjawab pertanyaan 57,91%. Media audiovisual melalui Model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak berpengaruh terhadap penguasaan materi pokok vertebrata pada kelas eksperimen. Indikator kognitif N-Gain kategori tinggi adalah pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2), sedangkan indikator kognitif N-Gain kategori rendah adalah penerapan (C3) dan kreasi (C6). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media audio-visual melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi pokok vertebrata oleh siswa SMA Negeri 13 Bandarlampung. Kata kunci: Media Audiovisual, Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Aktivitas siswa, Penguasaan materi, Vertebrata.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 21 Oct 2014 03:04 |
Terakhir diubah: | 21 Oct 2014 03:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4418 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |