PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV A SD NEGERI 02 TULUNG BALAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Deasy Vivta Rini, 1013053044 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV A SD NEGERI 02 TULUNG BALAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (392Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1091Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (476Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (707Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (313Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (786Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 02 Tulung Balak Lampung Timur yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal-soal tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap ranahnya. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 52,63% dengan nilai rata-rata 69,01 dalam kategori baik (B-), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 68,42% dengan nilai rata-rata 73,23 dalam kategori baik (B), dan meningkat menjadi 78,94% pada siklus III dengan nilai rata-rata 75,87 dalam kategori baik (B+). Persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 63,15% dengan nilai rata-rata 75,78 dengan kategori “baik”, kemudian menjadi 78,94% pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,42 dengan kategori “baik”, dan meningkat menjadi 94,73% pada siklus III dengan nilai rata-rata 83,68 dengan kategori “sangat baik”. Persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I sebesar 63,15% dengan nilai rata-rata 75,78 dalam kategori terampil (B), kemudian menjadi 73,68% pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,94 dalam kategori terampil (B+), dan meningkat menjadi 89,47% pada siklus III dengan nilai rata-rata 83,68 dalam kategori sangat terampil (A). Dengan demikian proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : AIR (Auditory Intellectually Repetition), hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 593355 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2014 02:48
Terakhir diubah: 24 Oct 2014 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4478

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir