PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN OPTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Astari, 1013022071 (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN OPTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (370Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (351Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (682Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak

Perkembangan Teknologi dan Ilmu Komputer (TIK) dalam pendidikan memberikan kemudahan dalam menyediakan media yang dapat mengatasi keterbatasan dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang berbasis TIK adalah multimedia tutorial. Media pembelajaran berbasis multimedia tutorial digunakan dalam proses pembelajaran untuk memperkuat penguasaan konsep peserta didik agar tujuan pembelajaran tercapai dan kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Tahap pengembangan multimedia tutorial mengadaptasi model pengembangan Suyanto dan Sartinem sebagai acuan, yaitu dimulai dari analisis kebutuhan dilanjutkan dengan mengidentifikasi sumber daya untuk memenuhi kebutuhan kemudian mengidentifikasi spesifikasi produk yang diinginkan yang mendasari latar belakang penelitian pengembangan ini. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan produk multimedia tutorial dengan pendekatan saintifik yang disertai panduan guru. Setelah produk dikembangkan, produk diuji kelayakannya yang meliputi uji ahli materi dan uji ahli desain. Tahapan selanjutnya adalah uji eksternal pada kelompok kecil dan diperoleh hasil bahwa produk yang dikembangkan dikategorikan menarik dengan skor 3,2 , mudah digunakan dengan skor 3,0, dan bermanfaat dengan skor 3,1, serta multimedia yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan presentase hasil belajar siswa sebesar 80% tuntas KKM.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 090037 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2014 02:04
Last Modified: 24 Oct 2014 02:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4588

Actions (login required)

View Item View Item