PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 5 METRO TIMUR

Siswantini, Murti (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 5 METRO TIMUR. Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
Murti Siswanti_Halaman Depan.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Murti Siswanti_Bab II.pdf

Download (246Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Murti Siswanti_Bab III.pdf

Download (328Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Murti Siswanti_Bab IV.pdf

Download (379Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Murti Siswanti_Bab V.pdf

Download (145Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar siswa, hal ini disebabkan aktivitas belajar siswa rendah. Adapun tujuan penelitian adalah (1) untuk menyusun dan memperbaiki perencanaan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media audio visual, (3) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan (4) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan di SDN 5 Metro Timur tahun pelajaran 2009/2010 dengan subjek kelas IVa berjumlah 29 siswa dan IVb berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data aktivitas belajar siswa yakni visual activities, oral activities, dan writing activities menggunakan lembar observasi untuk mendapatkan rata-rata on task dan off task, sedangkan prestasi belajar diperoleh melalui uji blok setiap akhir siklus. Tindakan pada siklus I yakni pembelajaran menggunakan LKS dan VCD, siklus kedua pembelajaran menggunakan LKS, VCD, dan media gambar, dan pada siklus ketiga pembelajaran menggunakan LKS, VCD, media gambar, dan lingkungan setempat. Hasil observasi rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari siklus pertama hingga siklus ketiga di kelas IVA berturut-turut 74,7, 83,1, dan 83,7 sedangkan di kelas IVB berturut-turut 75,6 , 80,0, dan 81,5. Hasil evaluasi prestasi belajar siswa yakni persentase siswa yang tuntas belajar dengan KKM 67 di kelas IVA pada siklus pertama 48,3%, siklus kedua 69% dan, pada siklus ketiga mencapai 86,2%, sedangkan di kelas IVB pada siklus pertama 44,4%, siklus kedua 74,07% , dan pada siklus ketiga mencapai 88,89%. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa aktivitas dan pretasi belajar siswa kelas IV SD N 5 Metro Timur pada mata pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui pembelajaran menggunakan media audio visual. The background of this research is the lower students’ achievement that is caused by the lower students’ learning activities. The purposes of this research are to (1) compound and repair the lesson plan by using the audio visual media, (2) to describe the learning action by using the audio visual media, (3) to describe the increase of students’ learning activities, and (4) to describe the increase of students’ achievement by using the audio visual in social subject. This research is a class action research which is held at the grade IV of SDN 5 East Metro academic year of 2009/2010. The grade IVa consists of 29 students and the grade IVb consists of 27 students. The research is performed in 3 cycles and each cycle consists of four steps, they are planning, action, observation, and reflection. The students’ learning activity data gatherings are visual activities, oral activities, listening activities, and writing activities which use the observation sheet to get the average score on task and off task while the students’ achievement is achieved through the block test at the end of each final test. At the first cycle of the action is the learning which uses Students’ Work Sheet (LKS) and VCD, the second cycle of the learning uses Students’ Work Sheet (LKS), VCD, and flash card. And the third cycle of the learning uses Students’ Work Sheet (LKS), VCD, and flash card and environment. The result of the average observation of students’ score activity from the first cycle until the third cycle at the grade IVA reaches 74,7, 83,1, successively and 83,7 while at the grade IVB 75,6 , 80,0 successively and 81,5. The result of the students’ achievement evaluation is the student’s percentage that complete the study which 67 minimal thoroughness criteria at the grade IVA, at the first cycle reaches 48,3%, at the second cycle reaches 69%, and at the third cycle reaches 86,2%, while at the grade IVB of the first cycle reaches 44,4%, the second cycle reaches 74,07%, and the third cycle reaches 88,89%. The conclusion of this research is that the students’ learning activity and achievement of the grade IV of SDN 5 East Metro, especially in social subject can be increased through the learning which is using the audio visual media.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:16
Terakhir diubah: 16 Jan 2014 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir