PENGARUH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PEGAWAI (Studi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Selatan)

Yulisbar, Filda (2011) PENGARUH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR PEGAWAI (Studi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Selatan). Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Filda Yulisbar_ABSTRAK.pdf

Download (68Kb) | Preview

Abstrak

Pengembangan karir pegawai merupakan satu diantara langkah-langkah kritis di dalam keseluruhan proses pengembangan sumber daya manusia aparatur. Dalam rangka pengembangan karir dan penempatan pegawai dalam jabatan, seorang pemimpin harus dapat mengembangkan potensi optimal bawahannya, serta secara tepat dan benar menilai kesiapan dan kemampuan bawahan, sehingga proses pengangkatan dan penempatan dalam jabatan struktural betul-betul menganut merit system, yaitu: berdasarkan kecakapan, kemampuan atau keahlian tertentu sesuai dengan tingkatan jabatannya. Faktor pengembangan karir pegawai lainnya adalah dengan dipertahankan dan ditingkatkan kualitas pegawai melalui pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki pegawai itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, keterampilan, dan sikap terhadap pengembangan karir pegawai, melalui masing-masing faktor maupun secara bersama-sama pada pegawai di lingkungan Sekretariat Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan model analisis regresi berdasarkan asumsi klasik. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan cara pertanyaan tertutup (angket), wawancara, dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, keterampilan, dan sikap memberikan pengaruh terhadap pengembangan karir seorang pegawai. Walaupun memang masih ada beberapa faktor lain yang berbeda antara pegawai seperti minimnya motivasi diri dalam bekerja, serta rendahnya sikap konsisten dalam bekerja yang diperlihatkan oleh pegawai menjadi penyebab pegawai terlambat dalam pengembangan karir pegawainya. Jika ketiga faktor tersebut digabungkan secara bersamasama, dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh antara faktor pengetahuan, keterampilan, dan sikap terhadap pengembangan karir pegawai. Semakin baik pengetahuan, keterampilan, dan sikap seorang pegawai maka memberikan pengaruh yang signifikan dalam proses pengembangan karirnya. Sehingga pengembangan karir dapat menunjukkan adanya suatu peningkatan-peningkatan status seseorang dalam sebuah organisasi melalui jalur karir yang dirintisnya melalui pengetahuan, keterampilan, dan sikap seorang pegawai. Kata Kunci: pengetahuan, keterampilan, sikap pegawai, pengembangan karir pegawai. The employee career development is one of critical steps in the whole process of apparatus human resources development. In career development and employee positioning in occupations, a leader must develop optimum potentials of his/her subordinates, and precisely and correctly assess the readiness and abilities of his/her subordinate, so that process of appointing and positioning in structural occupation would truly follow merit system, based on skill, ability and particular expertise in line with the occupation. Factors of employee career development are maintaining and improving quality of employee through knowledge, skill and attitude of the employee him/herself. This research was purposed to find out the influences of knowledge, skill and attitude to employee career development, through each factor or all factors together, of employee in Secretary of Local Government environment in Aceh Selatan regency. This research used a descriptive quantitative method with regression analysis model based on classic assumption. Data were collected using closed question (questionnaire), interview, and direct observation. The results indicated that knowledge, skill and attitude gave influence to the employee career development. Other factors were less self motivation in working, and less consistency performed by employees in working, made the employees’ attitudes did not become determinant in career development. When those three factors were combined altogether, it could be said that there were influences between factors of knowledge and skill to the employee career development. The better the knowledge and skill of an employee, the more significance their influences in career development process. Career development was able to indicate the improvements of individual’s status in an organization through career the employee built through knowledge and skill. Keywords: knowledge, skill, employee’s attitude, employee career development.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: J Political Science > JS Local government Municipal government
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:20
Last Modified: 16 Jan 2014 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item