PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA ISLAM KEBUMEN TANGGAMUS

Suliswanti, Yuni (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA ISLAM KEBUMEN TANGGAMUS. Universitas Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstrak

The Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Interaksi antara penggunaan pembelajaran pencapaian konsep dan kemampuan awal dengan prestasi belajar siswa. (2) Peningkatan prestasi belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan pencapaian konsep kelompok dan individu.( 3) Peningkatan prestasi belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan pencapaian konsep kelompok pada siswa yang berkemampuan awal tinggi. (4) Peningkatan prestasi belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan pencapaian konsep kelompok pada siswa yang berkemampuan awal rendah Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dan menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Islam Kebumen Kec. Sumberejo Kab. Tanggamus Lampung, dengan sampel kelas X1 dan X2 berjumlah 64 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes. Analisis data menggunakan analisis varians dua arah dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa pada prestasi belajar siswa dengan nilai Sig (2- Tailed) 0,000 (2) Peningkatan prestasi belajar siswa yang belajar melalui pembelajaran pencapaian konsep kelompok lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar melalui pembelajaran pencapaian konsep individu dengan perbedaan rata-rata sebesar 0,02 dan nilai Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 (3) Prestasi belajar siswa yang berkemampuan awal tinggi dengan pembelajaran pencapaian konsep kelompok lebih tinggi daripada dengan pencapaian konsep individu dengan perbedaan rata-rata0,23 dan nilai Sig (2-tailed) 0,001< 0,025 (4) Prestasi belajar siswa yang berkemampuan awal rendah dengan pembelajaran pencapaian konsep individu lebih tinggi daripada dengan Pembelajaran Pencapaian konsep kelompok dengan perbedaa 0,2 dan nilai Sig (2-tailed) 0,004 < 0,025. Kata kunci: pencapaian konsep, kelompok, individu, ekonomi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:21
Last Modified: 16 Jan 2014 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item