Tasrip, NINING SUGIARSIH (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 1 PENIANGAN KEC. MARGA SEKAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (216Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (105Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (274Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1322Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini berawal dari hasil IPA siswa yang masih sangat rendah, dengan rata-rata 70 masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sebesar 75, dan kurang nya variasi dalam menggunakan beberapa model pembelajaran yang aktiv. Pada awal pembelajaran guru belum memunculkan masalah agar siswa berfikir tetapi langsung menerangkan materi pembelajaran dengan metode ceramah, dan mengandalkan dari satu sumber buku sebagai bahan ajar, yang mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Peniangan pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model inkuiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes, alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan instrument soal, analisis data dilakukan dengan kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian yang diamati adalah guru dan siswa yang berjumlah 13 orang sedangkan objek yang diamati adalah aktifitas dan hasil belajar serta kinerja guru dalam menerapkan model inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Presentasi rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59,22%, siklus II sebesar 73,23% dan siklus III 86,91%, rata-rata hasil belajar siklus I 72 %, siklus II 76,76% siklus III 82,15% dengan peningkatan siklus I ke siklus II mencapai 4,70% dan siklus II ke siklus III 5,39%. Kata kunci = model inkuiri, aktivitas dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 07:21 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2014 07:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/493 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |