NOFRIA YULIYANTI, 1013033016 (2014) Pengaruh Penerapan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Elaborasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (341Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (307Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN .pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (313Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (492Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Strategi pengorganisasian pembelajaran merupakan kegiatan pemilihan isi dan penyusunan isi materi pembelajaran yang akan disampaikan di dalam kelas. Materi merupakan salah satu komponen dari strategi pembelajaran. Strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasi dimulai dengan menyajikan materi dari tingkat umum ke tingkat rinci, melalui rangkuman dan sintesis dapat memperkuat pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan diharapkan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh yang Signifikan Penerapan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Elaborasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung TP 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel kelas VIII H MTs N 2 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapaan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Elaborasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014, dengan diketahui thitung 2,93 > ttabel 2,0244 dari hasil tersebut keputusan uji yang diambil yaitu H0 ditolak, dengan taraf signifikan r = 0,40 yang apabila ditafsirkan menggunakan tabel pengukuran koefisien korelasi artinya taraf signifikan yang dicapai cukup, dengan koefisien determinasi sebesar 16% hal tersebut menunjukan pengaruh penerapan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Elaborasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS hanya sebesar 16 %.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Oct 2014 06:35 |
Terakhir diubah: | 29 Oct 2014 06:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4940 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |