Pengaruh Penerapan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Elaborasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014

NOFRIA YULIYANTI, 1013033016 (2014) Pengaruh Penerapan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Elaborasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (341Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (307Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN .pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (313Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

Strategi pengorganisasian pembelajaran merupakan kegiatan pemilihan isi dan penyusunan isi materi pembelajaran yang akan disampaikan di dalam kelas. Materi merupakan salah satu komponen dari strategi pembelajaran. Strategi pengorganisasian pembelajaran model elaborasi dimulai dengan menyajikan materi dari tingkat umum ke tingkat rinci, melalui rangkuman dan sintesis dapat memperkuat pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan diharapkan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh yang Signifikan Penerapan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Elaborasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung TP 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel kelas VIII H MTs N 2 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapaan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Elaborasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014, dengan diketahui thitung 2,93 > ttabel 2,0244 dari hasil tersebut keputusan uji yang diambil yaitu H0 ditolak, dengan taraf signifikan r = 0,40 yang apabila ditafsirkan menggunakan tabel pengukuran koefisien korelasi artinya taraf signifikan yang dicapai cukup, dengan koefisien determinasi sebesar 16% hal tersebut menunjukan pengaruh penerapan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Model Elaborasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS hanya sebesar 16 %.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 29 Oct 2014 06:35
Last Modified: 29 Oct 2014 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4940

Actions (login required)

View Item View Item