susilawati, 1013109161 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 NEGERI SAKTI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (312Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (591Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (603Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (290Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (228Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (323Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 NEGERI SAKTI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014 Oleh SUSILAWATI Berdasarkan observasi awal di SDN 3 Negeri sakti dalam pembelajaran PPKn diketahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV masih rendah dan masih banyak yang di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes dengan teknik data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn. Hal ini ditunjukan data di mana pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan nilai 52 kategori kurang aktif dan pada siklus II menjadi 83 kategori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I 45% mrningkat 45% menjadi 90% pada siklus II. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, PPKn, STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 4706489 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 07:49 |
Terakhir diubah: | 30 Oct 2014 07:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5015 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |