RICKO SAUD VANDOHAN SIHALOHO, 1012011255 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN TERHADAP LAYANAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PRINGSEWU. fakultas hukum, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (231Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (241Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Konsumen dalam pelayanan medis adalah pasien. Siti Aminah pasien jamkesmas yang ditolak dan didiskriminasi dalam menerima pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu. Ketika pasien jamkesmas merasa dirugikan dan didiskriminasi maka pasien jamkesmas dapat meminta hak-hak yang telah diatur dalam Undang-Undang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami bagaimana perlindungan hukum pasien jamkesmas serta mengkaji penyelesaian sengketa yang terjadi antara pasien jamkesmas dengan pihak rumah sakit. Metode yang digunakan adalah penelitian hukum normatif-empiris. Penelitian ini menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan, dengan tipe penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier, serta pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan. Pengolahan data dilakukan dengan cara pemeriksaan, rekonstruksi dan sistematisasi data. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa perlindungan pasien jamkesmas secara umum diatur dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Perlindungan hukum pasien juga diatur secara khusus di dalam Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Perlindungan yang diperoleh diantaranya mendapat pelayanan yang efektif dan efisien, memperoleh keamanan dan keselamatan selama perawatan serta memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi. Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu dalam menyelesaikan sengketa kesehatan dengan pasien menggunakan upaya mediasi. Proses mediasi dibantu oleh seorang mediator yang bersifat netral untuk mencapai kesepakatan diantara pihak yang bersengketa. Undang-Undang No.36 tahun 2009 Tentang Kesehatan juga mewajibkan untuk dilakukan mediasi terlebih dahulu bila terjadi sengketa dalam pelayanan kesehatan. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pasien Jamkesmas, Rumah Sakit
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1 |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 03 Nov 2014 04:19 |
Terakhir diubah: | 03 Nov 2014 04:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5108 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |