JUDUL INDONESIA: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KELAS IV C SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Hidayatullah, 1013053058 (2014) JUDUL INDONESIA: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KELAS IV C SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (376Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (836Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (821Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (326Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (255Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C SD Negeri 8 Metro Timur yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C SD Negeri 1 Metro Timur pada mata pelajaran tematik menggunakan model explicit instruction. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model explicit instruction pada pembelajaran tematik di kelas IV C SD Negeri 8 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I 55,16% (cukup aktif) dan pada siklus II 87,5% (sangat aktif), terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 33,34%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 62,5% (cukup) dan pada pada siklus II 95,83% (sangat tinggi), terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 33,33%. Kata kunci: Model Explicit Instruction, Aktivitas, Hasil Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 03 Nov 2014 04:08
Last Modified: 03 Nov 2014 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5130

Actions (login required)

View Item View Item