Tukija, 1013130007 (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN (PTK pada Kelas VII A SMP N 1 Waway Karya Lampung Timur Tahun Ajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4000b) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB V.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (187Kb) |
||
|
File PDF
BAB VI.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tempat penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 1 Waway Karya semester genap tahun ajaran 2012/2013 pada materi organisasi kehidupan. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data ini diperoleh dari rata-rata nilai sebelum dan sesudah penelitian. Indikasi kebehasilannya adalah nilai rata- rata sesudah penelitian mengalami peningkatan atau hasil akhir dalam penelitian aktivitas siswa lebih dari 70%, dan siwa yang tuntas belajar lebih dari 70%. Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data awal aktivitas siswa dan hasil belajar siswa adalah 35% siswa aktif dan 61,88% siswa tuntas belajar, setelah diadakan penelitian dengan model pembelajaran cooperativelearning tipe jigsaw hasil akhir pada siklus II aktivitas belajar siswa menjadi 75,26%, sedangkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 70,78 dan siswa yang tuntas belajar 90,6%. Penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada materi pokok organisasi kahidupan di simpulkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siwa kelas VII A SMP Negeri 1 Waway Karya Lampung Timur. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, cooperative learning tipe jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 07 Nov 2014 02:40 |
Terakhir diubah: | 07 Nov 2014 02:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5176 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |