UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ELYA ATRIANI , 1013079199 (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 8 KARANG ANYAR KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri 8 Kaarang anyar kecamatan Jati agung kabupaten Lampung selatan diketahui bahwa hasil belajar siswa Kelas V masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pendekatan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 8 Karang Anyar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dikenal dengan Classroom Action Research. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus dan setiap siklus melalui tahap berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diambil meliputi data kuntitatif berupa tes hasil belajar dan data kualitatif berupa hasil lembar observasi. Berdasrkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pendekatan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata pada siklus I hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus 1 nilai rata-rata yang dicapai siswa sebesar 48.18 dan siklus 2 nilai rata-rata siswa mencapai 75.56 sehingga nilai rata-rata siswa meningkat, aktivitas belajar siswa dapat dilihat bahwa kektifan siswa saat pembelajaran pada siklus 1 sebesar 59,84% dan siklus 2 sebesar 78.03% sehingga meningkat sebesar 18.19%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 8 Karang Anyar Kecamatan Jati agung Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar IPA, pendekatan pembelajaran inkuiri.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 07 Nov 2014 07:40
Last Modified: 07 Nov 2014 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item View Item