MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SDN 1 TALANG JAWA KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Kromo Sukarto, MUHSIRIN (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SDN 1 TALANG JAWA KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 2.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 3.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (201Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (1207Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian pembelajaran ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan cooperative learning tipe cooperative script. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Obyek penelitian berjumlah 22 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Talang Jawa. Materi pembelajaran adalah bilangan bulat mata pelajaran matematika. Metode tindakan kelas dengan siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan alat pengumpulan data. Teknik analisis menggunakan analisis kualitatif untuk aktivitas dan analisis kualitatif untuk hasil belajar. Aktivitas menggunakan lembar observasi dan tes untuk hasil belajar. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran siklus diperoleh rata-rata 50,5 dan pada siklus II rata-rata sebesar 75,5. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 64% meningkat menjadi 90%. Aktivitas pembelajaran klasikal siswa pada siklus I sebanyak 54,55% dan pada siklus II meningkatkan menjadi 81,81%. Sedangkan aktivitas belajar siswa dengan metode belajar cooperative learning tipe cooperative script pada siklus I sebanyak 68,18% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,58%. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Cooperative Script, Aktivitas, dan Hasil Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 17 Jan 2014 05:09
Terakhir diubah: 17 Jan 2014 05:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir