PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS V SDN 6 JATIMULYO KEC. JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TP 2013/2014

SITI FATIMAH , 1013079280 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS V SDN 6 JATIMULYO KEC. JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TP 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (403Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (355Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (372Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 6 Jatimulyo belum berjalan dengan maksimal. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh aktivitas siswa pasif dan ketuntasan hasil belajar siswa masih rendah yaitu 32,1%. Tujuan peneliti adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas III siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I mencapai 64,3% berkategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 71,4% berkategori aktif serta pada siklus III meningkat menjadi 78,6% berkategori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I memiliki persentase ketuntasan yang mencapai 60,7%, dengan rata-rata nilai adalah 65,7, pada siklus II memiliki persentase ketuntasan yang meningkat menjadi 78,6% dengan rata-rata nilai adalah 71,8 dan pada akhir siklus III persentase ketuntasan mencapai 85,7% dengan rata-rat nilai 76,4. Kata kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT, aktivitas dan hasil belajar IPA

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 07 Nov 2014 07:50
Last Modified: 07 Nov 2014 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5221

Actions (login required)

View Item View Item