PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK HIDROKARBON

Herman, EVA APRIYANI (2010) PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf - Published Version

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (136Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1373Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 7 Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran yang digunakan masih menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah. Hal tersebut belum membimbing siswa untuk lebih memahami konsep hidrokarbon serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TGT. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan penguasaan konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi pokok hidrokarbon. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen I dan 40 orang siswa kelas X7 sebagai kelas eksperimen II. Pada tahap evaluasi dilakukan uji pada kelompok kecil dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest ekuivalen. Hasil dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan aktivitas belajar Nur Hikmahwati antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi pokok hidrokarbon. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dan penurunan pada setiap pertemuan yang disebabkan oleh beberapa aktivitas off task yang dilakukan oleh siswa pada saat pembelajaran berlangsung, (2) ada perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi pokok hidrokarbon. Kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kelas eksperimen I menunjukkan peningkatan penguasaan konsep hidrokarbon siswa lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Pengguanaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan TGT ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi sepenuhnya, sehingga siswa menjadi lebih aktif. Adapun kelemahan penggunaan model pembelajaran kooperatif ini yaitu diperlukan pengelolaan waktu yang efektif dan tepat agar dapat terlaksana dengan baik. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, aktivitas belajar siswa, penguasaan konsep, dan hidrokarbon

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 17 Jan 2014 03:55
Terakhir diubah: 17 Jan 2014 04:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir