ANALISIS PERSPEKTIF CITRA, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN MEREK HIJAU (GREEN MARKETING) TERHADAP LOYALITAS MEMBER BODY SHOP DI BANDAR LAMPUNG

Dewi Romanti, 1421011051 (2018) ANALISIS PERSPEKTIF CITRA, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN MEREK HIJAU (GREEN MARKETING) TERHADAP LOYALITAS MEMBER BODY SHOP DI BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (931Kb) | Preview

Abstrak

Pemasaran hijau saat ini menjadi tren dalam industri kosmetik. Kosmetik saat ini yang dijual dimasyarakat adalah kosmetik yang menghindari pemakaian bahan kimia dalam pembuatan. Produsen yang memperhatikan kosmetik yang tidak memakai bahan kimia dan mempertahankan penggunaan bahan alami dalah kosmetik yang dikeluarkan oleh perusahaan Body Shop. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh green image, green trust dan green satisfaction terhadap green loyalty member Body Shop di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 100 member Body Shop di Bandar Lampung dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa hipotesis yang menyatakan citra merek hijau, kepuasan merek hijau dan kepercayaan merek hijau berpengaruh positif terhadap loyalitas dapat diterima berdasarkan nilai signifikansi hitung yang lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai kesalahan yang masih dapat diterima. Temuan penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan Martinez (2015), dimana pengaruh masing-masing variabel terhadap loyalitas tidak jauh berbeda. Perbedaan yang tidak terlalu jauh mengindikasikan bahwa ketiga variabel merupakan variabel yang memiliki peran yang sama dalam membentuk loyalitas konsumen. Saran yang diajukan pada penelitian ini adalah Body Shop perlu mempertahankan loyalitas membernya dengan cara membuat program member get member. Member yang sudah tergabung apabila mampu mengajak orang lain untuk menjadi member sebaiknya diberi insentif berupa penambahan point member dan mendapatkan potongan harga jika melakukan pembelian. Body Shop juga perlu membuat program dengan melibatkan membernya seperti mengikutsertakan member dalam program pelesatarian hutan, penanaman pohon dan pelestarian pantai yang ada di Bandar Lampung. Kata kunci : green image, green trust, green satisfaction dan green loyalty Green marketing is now a trend in the cosmetics industry. Cosmetics currently sold in the community is a cosmetic that avoids the use of chemicals in the manufacture. Manufacturers who pay attention to cosmetics that do not use chemicals and maintain the use of natural ingredients are cosmetics issued by the company Body Shop. This research has purpose to know the effect of green image, green trust and green satisfaction to green loyalty member Body Shop in Bandar Lampung. This research uses 100 member Body Shop in Bandar Lampung with accidental sampling technique. The result of the research is known that the hypothesis of green brand image, green brand satisfaction and green brand trust have positive effect on acceptable loyalty based on smaller count significance value when compared with acceptable error value. The findings of this study in accordance with research conducted Martinez (2015), where the influence of each variable on loyalty is not much different. The difference is not too far indicates that the three variables are variables that have the same role in shaping consumer loyalty. Suggestions raised in this research is Body Shop needs to maintain the loyalty of its members by creating a member get member program. Members who have joined if able to invite others to become a member should be given incentives in the form of additional point members and get a discount if the purchase. Body Shop also needs to make a program by involving its members such as involving members in forest conservations program, tree planting and coastal preservation in Bandar Lampung. Keywords: green image, green trust, green satisfaction and green loyalty

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HF Commerce
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 30 Oct 2018 08:07
Last Modified: 30 Oct 2018 08:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54347

Actions (login required)

View Item View Item