ANALISIS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI BARISTA DAN KONSUMEN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN (Studi Barista Kedai Kopi Flambojan)

DEDE HARYANTO , 1416031040 (2018) ANALISIS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI BARISTA DAN KONSUMEN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN (Studi Barista Kedai Kopi Flambojan). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (902Kb) | Preview

Abstrak

Komunikasi antarpribadi merupakan proses penyampaian pesan diantara dua orang atau lebih dengan menghasilkan berbagai efek umpan balik. Komunikasi antarpribadi memiliki sebuah peranan pada proses pelayanan. Peneliti tertarik meneliti komunikasi antarpribadi yang diterapkan pada proses pelayanan seorang barista pada sebuah usaha kedai kopi. Barista merupakan ujung tombak pelayan bagi sebuah usaha kedai kopi dalam menciptakan kepuasan konsumen. Komunikasi antarpribadi merupakan hal yang harus dimiliki barista untuk menciptakan kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi antarpribadi pendekatan humanistik barista dalam menciptakan kepuasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun fokus penelitian ini yaitu analisis efektivitas komunikasi pendekatan humanistik yaitu keterbukaan, empati, mendukung, positif dan kesetaraan yang diterapkan seorang barista. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan 5 orang informan yang terdiri dari 2 orang barista dan 3 orang konsumen. Penelitian ini dilakukan pada barista dan konsumen kedai kopi Flambojan. Hasil penelitian ini terdapat komunikasi antarpribadi yang diterapkan barista pada proses pelayanan. Dari 5 aspek pendekatan humanistik yang diterapkan barista terdapat 3 aspek yang dominan yaitu aspek keterbukaan, empati dan positif sedangkan 2 aspek yang masih tergolong lemah yaitu aspek mendukung dan aspek kesetaraan. Pada bahasa verbal yang digunakan barista menggunakan bahasa yang tidak formal untuk menimbulkan kedekatan pada konsumen. Sedangakan bahasa non verbal yang digunakan berupa isyarat, gestur tubuh dan ekspresi wajah. Kata kunci : Komunikasi Antarpribadi Pendekatan Humanistik, Kepuasan abstract Interpersonal communication is the process of sending and receiving message between two people or more for gain the feedback. Interpersonal communication has a main of service process. The research interested on researching interpersonal communication of a baristas service process on a coffeeshop bussines. A baristas is a leader of coffeeshop bussines in creating satisfaction consumers. The purpose this research to find out the interpersonal communication humanistic approach of barista in creating satisfaction. The research uses qualitataive methode. As for focus in this research analysis interpersonal communication humanistic approach that is oppenes, emphathy, supportness, positive and equality applied by baristas. the informants were selected by ussing purposive sampling technique bye 5 informants consist of 2 barista and 3 consumers. This research conducted by barista and consumer of flambojan. The result of the research there was interpersonal communicaton applied by baristas to the service process, from five aspects of humanistic approach applied by baristas there were three aspects dominant that is oppenes, emphaty and positive, while two aspects that are still weak there were supportness and equality aspects. In verbal language used by baristas informal language to create closeness to consumers. Meanwhile, non verbal language ussed by baristas they were body gesture and facial expresion. Keywords: Interpersonal Communication Humanistic Approach, Satisfaction

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: 188488927 . Digilib
Date Deposited: 03 Nov 2018 02:47
Last Modified: 03 Nov 2018 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54360

Actions (login required)

View Item View Item