EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semeter Ganjil SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019)

ASTIRIANA SEPTIRIANI S , 1413021012 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semeter Ganjil SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1276Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1276Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Pola Bilangan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 7 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-C dan VIII-D yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran discovery learning tidak ada perbedaan peningkatan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan pembelajaran discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, efektivitas, pemahaman konsep matematis

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 188378273 . Digilib
Date Deposited: 24 Nov 2018 04:03
Last Modified: 24 Nov 2018 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54505

Actions (login required)

View Item View Item