APLIKASI PENGENALAN KOLEKSI MUSEUM LAMPUNG BERBASIS ANDROID

SHAFINA AZZAHRA , 1347051017 (2018) APLIKASI PENGENALAN KOLEKSI MUSEUM LAMPUNG BERBASIS ANDROID. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2041Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2042Kb) | Preview

Abstrak

Museum Negeri Lampung “Ruwa Jurai” merupakan museum terbesar dan pertama di Provinsi Lampung, museum ini sangat berperan bagi terbentuknya sejarah Provinsi Lampung, sehingga perlu dilestarikan keberadaannya. Di zaman modern seperti sekarang ini, sentuhan teknologi informasi sangat diperlukan di setiap bidang, tidak terkecuali untuk kelestarian Museum Lampung. Dilihat dari jumlah keseluruhan pengunjung Museum Lampung 2011-2017 cenderung di angka stabil sekitar 70.000. Dalam penelitian ini Aplikasi Pengenalan Koleksi Museum Lampung berbasis Android dapat memudahkan dan meningkatkan minat masyarakat Lampung serta wisatawan asing untuk mengetahui dan melihat langsung apa saja isi koleksi yang ada di Museum Lampung, aplikasi juga dilengkapi fasilitas scan barcode, di mana setiap koleksi yang ada di Museum Lampung dilengkapi barcode, barcode dapat di-scan dan aplikasi akan memberikan info lengkap terkait koleksi museum tersebut. Terdapat 10 jenis koleksi museum pada aplikasi Android ini. Hasil dari penelitian yaitu telah berhasil dikembangkan sebuah “Aplikasi Pengenalan Koleksi Museum Lampung” yang memiliki beberapa menu utama yaitu koleksi museum, sejarah museum, info museum, scan QR code, navigasi, bantuan, dan tentang developer. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pengujian fungsional dengan menggunakan metode Black Box Testing dan teknik Equivalence Partitioning (EP) memperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan, (2) pengujian dan penilaian menggunakan kuisioner dengan perhitungan hasil kuisioner menggunakan metode Skala Likert yang memperoleh nilai ratarata sebesar 88. 2% untuk variabel user friendly, dan 85.06% untuk variabel interaktif, nilai ini termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dari hasil penilaian yang didapat maka aplikasi ini berjalan sangat baik dan dapat digunakan oleh masyarakat. Kata Kunci: Museum Lampung, Barcode, Black Box Testing, Equivalence Partitioning, Skala Likert. abstract Lampung State Museum "Ruwa Jurai" is the largest and the first museum in Lampung Province, this museum has a great role in the formation of the history of Lampung Province, so it needs to be preserved. In modern times like today, a touch of information technology is needed in every field, not least for the sustainability of the Lampung Museum. Judging from the total number of visitors to the Lampung Museum 2011-2017 it tends to be stable at around 70,000. The author would like to build an Android Museum Collection Introduction Application based on Android that can facilitate and increase the interest of Lampung people and foreign tourists to know and see directly what the collection contents in the Lampung Museum, the application also features barcode scanning, where each collection is in The Lampung Museum is equipped with a barcode, the barcode can be scanned and the application will provide complete information regarding the museum collection. There are 10 types of museum collections on this Android application. The results of the study have been successfully developed a "Introduction to the Museum of Lampung Collection Application" which has several main menus namely museum collection, museum history, museum info, QR code scans, navigation, assistance, and about developers. The results of this study are: (1) functional testing using the Black Box Testing method and Equivalence Partitioning technique (EP) obtaining results as expected, (2) testing and assessment using a questionnaire by calculating the results of the questionnaire using the Likert Scale method that obtained the value on average 88. 2% for user friendly variables, and 85.06% for interactive variables, this value is included in the "Very Good" category. From the assessment results obtained, this application runs very well and can be used by the community Keywords: Museum Lampung, Black Box Testing, Equivalence Partitioning, Likert Scale.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General)
Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: 188881477 . Digilib
Date Deposited: 26 Nov 2018 08:10
Last Modified: 26 Nov 2018 08:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54512

Actions (login required)

View Item View Item