PUJI YANTI, 0853024036 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM. Fakultas Mipa, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
CAVER DALAM.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (379Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (585Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi di SMPN 1 Sukau, diketahui bahwa selama ini guru kurang memberdayakan kemampuan berpikir kritis secara optimal, khususnya pada uraian materi pokok ekosistem. Hal tersebut terlihat dalam pembelajaran, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dan diskusi biasa. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi (eksperimen = 77,60; kontrol = 49,10). Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi (eksperimen = 60,40; kontrol = 56,30). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran NHT. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, numbered head together.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 01 Dec 2014 08:19 |
Terakhir diubah: | 01 Dec 2014 08:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5460 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |