PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 KECAMATAN TEGINENENG

YANTI MANDA SARI , 1413093060 (2018) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 KECAMATAN TEGINENENG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1268Kb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1014Kb)

Abstrak

Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri 7 Tegineneng Kabupaten pesawaran Tahun Pelajaran 2017-2018, yang diketahui dari hasil observas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat daur siklus ulang, masing- masing siklus dilaksanakan melalui 4 Tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta soal tes, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Tegineneng yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur aktivitas guru di kelas digunakan data kualitatif yaitu lembar Observasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 89,47%, meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi 94,73%, hal ini menunjukan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa siklus II pada pertemuan I dan pertemuan II sebesar 5,26%. Kata kunci : hasil belajar dan pembelajaran kooperatif tipe STAD

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 188935114 . Digilib
Date Deposited: 07 Dec 2018 09:06
Last Modified: 07 Dec 2018 09:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54638

Actions (login required)

View Item View Item