PENGARUH PENGGUNAAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SMP BERBASIS MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

SRI LESTARI, 1413022064 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SMP BERBASIS MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. FKIP, Universitas Lampung.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (32Kb)
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2674Kb)
[img] Text
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2173Kb)

Abstrak

Proses pembelajaran mampu membuat siswa aktif dalam belajar, dimana materi dapat diambil secara langsung melalui fenomena yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan panduan praktikum IPA SMP berbasis model collaborative teamwork learning terhadap hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian adalah kelas VIII 9 SMPN 1 Rumbia menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar kognitif. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji N-Gain, dan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan panduan praktikum IPA SMP berbasis model collaborative teamwork learning terhadap hasil belajar peserta didik materi getaran dan gelombang. Nilai p berbeda signifikan pada tingkat kepercayaan 95% sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan pretest dan posttest dalam pembelajaran menggunakan panduan praktikum IPA SMP berbasis model collaborative teamwork learning. Skor N-Gain rata-rata adalah 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan penggunaan panduan praktikum IPA SMP berbasis model collaborative teamwork learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Panduan Praktikum, Collaborative Teamwork Learning, dan Hasil Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 188946646 . Digilib
Date Deposited: 12 Dec 2018 07:36
Last Modified: 12 Dec 2018 07:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54676

Actions (login required)

View Item View Item