PEMBELAJARAN TARI CANGGET DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRIIL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 MENGGALA

ASHARI, 1413043009 (2018) PEMBELAJARAN TARI CANGGET DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRIIL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 MENGGALA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294Kb)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8Mb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb)

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pembelajaran tari cangget menggunakan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 2 Menggala. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari cangget menggunakan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptip kualitatif, sumber data pada penelitian ini adalah 11 siswa dan guru seni budaya. Proses pembelajaran dan evaluasi tes praktik tari cangget menggunakan Teori Behaviorisme dan Metode drill, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi serta tes parktik. Intrumen penelitian yaitu panduan (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Selanjutnya menganalisi data dengan cara mengreduksi data, dan penyajian data dan spelling drawing. Teori behaviorisme dan Metode drill diterapkan pada pembelajaran tari cangget dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir. Teori behaviorisme dan Metode drill merupakan teori dan metode yang tepat pada pembelajaran tari cangget. Hal ini terlihat pada pertemuan awal sampai dengan pertemuan terakhir guru menggunakan langkah langkah drill dengan baik dan memberikan stimulus kepada siswa, yaitu dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu materi dan tujuan dalam pertemuan, memberikan contoh, meminta siswa untuk melakukan penghapalan ragam gerak, membenarkan gerakan yang salah dan meminta siswa mengulang kembali ragam gerak yang salah dan selanjutnya melakukan evaluasi disetiap pertemuanya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa rata-rata sudah mampu memperagakan tari cangget dengan kriteria penilan baik sesuai dengan yang telah di ajarkan. Penilaian diberikan melalui tiga aspek yaitu kemapuan gerak, ketepatan gerak dengan iringan dan ekspresi saat menari. Kata Kunci : Metode drill, Pembelajaran,Tari Cangget, LEARNING “DANCE CANGGET” USING DRILL METHOD IN EXTRACURRICULAR ACTIVITIES IN SENIOR HIGH SCHOOL 2 MENGGALA The problem that discussed in this study is that the learning process of Cangget using drill method for extracurricular activities in Senior High School 2 Menggala. This study aims to describe the learning process and results of Cangget using drill method in extracurricular activities in Senior High School 2 Menggala. This study uses descriptive qualitative method, data sources in this study are students who take part in dance extracurricular activities which is total 11 students and 1 teacher named The learning process and evaluation of the practical test of Cangget using the Behaviorismtheory anddrillmethods, the techniques that used to collect data are observation, interview, documentation and practical test. The research instruments are observation guide, interview guide, and documentation guide. Then analyze the data by reducing data, data presentation and spelling drawing. Behaviorism andtheorydrillmethods are applied to learning from the first meeting to the last meeting. The theory of behaviorism and drill method is the right method and theory in learning Cangget. This can be seen in the first meeting until the last meeting and the teacher used drill steps well and provided stimulus to the students, that is by giving advance explanation of the material and the purposes of the meeting, giving examples, asking students to do various movements, justifying the movement wrong and ask students to repeat the wrong range of motion and then evaluate the variety in each meeting. The results of the studyof Cangget using the drill method show that the average student has been able to demonstrate the Cangget with the good criteria according to what has been taught. The assessment is given through three aspects, that are the ability of movement, accuracy of motion with accompaniment, and expression when dancing. Keywords:drill method, learning, dance Cangget,

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 188478120 . Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2018 01:47
Last Modified: 18 Dec 2018 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54768

Actions (login required)

View Item View Item