Arsyad, NENI KURNIATI (2014) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 4 KOTA KARANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (333Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (587Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip Download (2074Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam di kelas V SDN 4 Kota Karang Bandar Lampung cenderung guru mengajar dengan metode ceramah (konvensional), sehingga proses pembelajaran belum optimal, pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered) menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran berdampak pada prestasi belajar siswa belum sesuai dengan kriteria ketuntasan yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 4 Kota KarangBandar Lampung dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) merencanakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk data aktivitas pembelajaran dari lembar pengamatan, dan analisis kuantitatif untuk data prestasi belajar dari hasil tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 4 Kota Karang Bandar Lampung dapat meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (72,5%), dan siklus II (97,5 %). Rata-rata persentase hasil belajar siswa pada siklus I (55,5), dan siklus II (75,5). Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi Belajar, IPA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Robidin |
Date Deposited: | 20 Jan 2014 05:31 |
Terakhir diubah: | 20 Jan 2014 05:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/548 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |