PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 4 KOTA KARANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Arsyad, NENI KURNIATI (2014) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 4 KOTA KARANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (333Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (587Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2074Kb)

Abstrak

Pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam di kelas V SDN 4 Kota Karang Bandar Lampung cenderung guru mengajar dengan metode ceramah (konvensional), sehingga proses pembelajaran belum optimal, pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centered) menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran berdampak pada prestasi belajar siswa belum sesuai dengan kriteria ketuntasan yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 4 Kota KarangBandar Lampung dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) merencanakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk data aktivitas pembelajaran dari lembar pengamatan, dan analisis kuantitatif untuk data prestasi belajar dari hasil tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 4 Kota Karang Bandar Lampung dapat meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (72,5%), dan siklus II (97,5 %). Rata-rata persentase hasil belajar siswa pada siklus I (55,5), dan siklus II (75,5). Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi Belajar, IPA

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 20 Jan 2014 05:31
Last Modified: 20 Jan 2014 05:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item