PENGEMBANGAN SISTEM NOTIFIKASI NOMOR ANTRIAN PASIEN PADA KLINIK CATUR ARIWIBOWO MENGGUNAKAN SMS GATEWAY

PUTRI MELDA SUSANTY, 1417051110 (2018) PENGEMBANGAN SISTEM NOTIFIKASI NOMOR ANTRIAN PASIEN PADA KLINIK CATUR ARIWIBOWO MENGGUNAKAN SMS GATEWAY. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1575Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1872Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1873Kb) | Preview

Abstrak

Salah satu cara optimasi pelayanan kesehatan dapat dilakukan dengan mempermudah proses menunggu antrian. Pada Klinik Catur Ariwibowo, sistem antrian berobat pasien masih dilakukan secara manual sehingga banyak pasien yang menunggu urutan untuk dilayani. Hal itu kurang efisien karena banyak menyita waktu pasien untuk menunggu antrian. Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu cara untuk memudahkan pasien dalam melakukan antrian. Dalam penelitian ini, dikembangkan suatu sistem notifikasi nomor antrian pasien menggunakan SMS Gateway yang dapat mempermudah proses antrian pasien. Metode pengembangan dalam pembuatan sistem menggunakan Waterfall. Sistem yang dikembangkan ini memiliki fitur notifikasi. Sehingga ketika nomor antrian terdekat terpanggil, maka notifikasi antrian akan terkirim ke lima antrian selanjutnya. Pasien akan mendapatkan reminder berupa notifikasi untuk dapat segera kembali ke lokasi layanan kesehatan. Hasil dari penelitian ini telah dikembangkan Sistem Notifikasi Nomor Antrian Pasien Menggunakan SMS Gateway yang dapat digunakan untuk mengelola proses antrian pasien agar lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Pasien, Notifikasi, Nomor Antrian, SMS Gateway, Waterfall iii ABSTRACT One way of optimizing health services can be done by simplifying the process of waiting for a queue. At Catur Ariwibowo Clinic, the patient queuing system is still done manually so that many patients are waiting to be examined. It is less efficient because it takes a lot of time for patients to wait in the queue. From these problems, we need a way to make it easier for patients to queue. In this study, a notification system for patient’s queue numbers was developed using SMS Gateway that can facilitate patient’s queue process. Development method used for system development is Waterfall. This developed system has a notification feature. So when the nearest queue number is called, the queue notification will be sent to the next five queues. The patient will get a notification to immediately return to the location of health service. The results of this study have developed Patient’s Queue Number Notification System Using SMS Gateway that can be used to manage the patient’s queue process to be more effective and efficient. Keywords: Notification, Patient, Queue Number, SMS Gateway, Waterfall

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: 188180154 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2018 02:34
Last Modified: 19 Dec 2018 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/54819

Actions (login required)

View Item View Item