CINCIN BERTASARI, 1013024020 (2014) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet terhadap Aktivitas dan Penguasaan Materi pada Materi Pokok Dunia Tumbuhan Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP .pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (744Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di SMA N 1 Blambangan Umpu menunjukkan bahwa nilai pembelajaran biologi kurang memuaskan yaitu dengan rata-rata nilai 65, dibanding- kan dengan nilai yang diharapkan yaitu 75. Hal ini karenakan banyak-nya materi yang harus dikuasai seperti istilah-istilah dalam materi pembelajaran biologi, dan kurangnya media pembelajaran di sekolah. Hal-hal tersebut mengakibatkan aktivitas belajar siswa menjadi pasif. Karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas siswa untuk menjadi aktif salah satunya dengan menggunakan media kartu kuartet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu kuartet sebagai media belajar untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi. Desain penelitian adalah pretest-postest non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X7 dan X8 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif yaitu persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi, dan tanggapan siswa terhadap kartu kuartet sebagai media belajar yang diperoleh dari angket kemenarikan penggunaan kartu kuartet sebagai media belajar yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi siswa yang diperoleh dari hasil rata-rata pretes, postes dan gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U dan uji-t untuk data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kartu kuartet sebagai media belajar dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan rata-rata berkriteria baik (85,48%). hal ini juga terlihat pada peningkatan semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan ide atau gagasan berkriteria baik (78,49%); bekerjasama dengan teman berkriteria baik (82.80%); mengajukan pertanyaan dan pendapat berkriteria baik (81,72%); dan mengemukakan hasil diskusi kelompok berkriteria sangat baik (98,92%). Penguasaan materi pada kelas eksperimen (gain 1,00) lebih tinggi dan berbeda nyata daripada kelas kontrol (gain 0,82). Namun penggunaan media kartu kuartet berpengaruh tidak signifikan terhadap indikator C2 (Pemahaman) dan C4 (Analisis). Dengan demikian kartu kuartet sebagai media belajar mampu meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Dunia Tumbuhan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2759206 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Dec 2014 07:22 |
Terakhir diubah: | 03 Dec 2014 07:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5498 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |