NOVITA SARI, 1013024014 (2014) Perbandingan Penggunaan Media Realia dan Media Gambar terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Sub Materi Protista Mirip Tumbuhan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (907Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (837Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (436Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (288Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III .pdf Download (339Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (479Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan media realia dan media gambar terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa. Desain penelitian ini pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen II yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa keterampilan proses sains siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U dan uji-t pada tarif kepercayaan 5%, data kualitatif berupa lembar observasi keterampilan proses sains siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media realia dan media gambar yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dengan rata-rata N-gain 61,95±13,18 berbeda signifikan lebih tinggi dari media gambar dengan rata-rata N-gain 34,45±16,20. Masing-masing indikator KPS kelas media realia mengalami peningkatan yaitu pada indikator mengamati rata-rata N-gain 90,71±18,00, indikator mengklasifikasi 89,74±23,61, indikator menginterpretasi 53,08±25,41, indikator memprediksi 52,45±20,02. Masing-masing indikator KPS kelas media gambar juga mengalami peningkatan yaitu pada indikator mengamati rata-rata N-gain 55,12±35,93, indikator mengklasifikasi 69,71±33,25, indikator menginterpretasi 19,61±21,76, indikator memprediksi 25,84±23,08. Berdasarkan observasi rata-rata keterampilan proses sains siswa yang diamati melalui lembar observasi pada kelas media realia berkriteria tinggi yaitu 61±19,66, sedangkan pada kelas media gambar berkriteria sedang yaitu 46,13±6,31. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media realia (91,15%) dan media gambar (93,91%). Dengan demikian, penggunaan media realia lebih berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa secara signifikan dibandingkan dengan media gambar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 6613491 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Dec 2014 02:33 |
Terakhir diubah: | 01 Dec 2014 02:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5499 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |