QURRATU AINI NA'IMA, 1013024054 (2014) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pokok Dunia Tumbuhan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (176Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (465Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (461Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kuartet terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi dunia tumbuhan di SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X7 dan X8 SMA Negeri 1 Natar Lampung Selatan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u dengan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa motivasi siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu kuartet yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kuartet dapat memotivasi siswa yaitu hal-hal yang dipelajari dalam pembelajaran ini bermanfaat bagi siswa (100%), gambar juga memberikan manfaat dalam pembelajaran dan mengetahui membuat siswa antusias dengan pembelajaran. Materi dalam pembelajaran menarik perhatian, mudah sehingga (93,33%) siswa aktif dalam pembelajaran. Namun (93,33%) siswa merasa memperoleh penghargaan dan puas terhadap pembelajaran. Selanjutnya hasil belajar dibuktikan dengan rata-rata postes 66,80 ± 13,35. Namun tidak sesuai dengan KKM di sekolah tersebut yaitu 70. Selanjutnya peningkatan hasil belajar oleh siswa juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1, dan C2) dengan rata-rata N-gain pada indikator C1 sebesar 10,55 ± 4,36; indikator C2 1,45 ± 0,79. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen adalah 82,50 ± 7,50 dengan kriteria baik. Selain itu, semua siswa (100%) merasa senang terhadap pembelajaran dengan menggunakan media kartu kuartet. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan media kartu kuartet memotivasi belajar siswa tetapi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 3109842 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Dec 2014 02:36 |
Terakhir diubah: | 01 Dec 2014 02:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5500 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |