Analisis Pengaruh Modal Inti Terhadap Profitabilitas, Porsi Penyaluran Kredit UMKM, dan Risiko Kredit Pada Perusahaan Perbankan Konvensional di Indonesia

RAKHMAD FEBRIYADI, 1621031010 (2019) Analisis Pengaruh Modal Inti Terhadap Profitabilitas, Porsi Penyaluran Kredit UMKM, dan Risiko Kredit Pada Perusahaan Perbankan Konvensional di Indonesia. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (812Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (753Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh modal inti bank terhadap profitabilitas, porsi penyaluran kredit UMKM dan risiko kredit pada perbankan konvensional di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada seluruh perusahaan perbankan umum konvensional di Indonesia dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang berjumlah 372 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan metode multivariate analysis of variance (MANOVA) yang diolah menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal inti bank berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas, dimana semakin besar modal inti yang dimiliki akan meningkatkan profitabilitas perbankan. Hal tersebut menandakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan adalah dengan meningkatkan modal inti bank sehingga bank tersebut dapat lebih leluasa dalam melakukan ekspansi usaha tanpa terbentur aturan regulasi. Besarnya modal inti yang dimiliki bank juga mempengaruhi perilaku perbankan tersebut dalam menyalurkan jenis kredit UMKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bank dengan modal yang kecil lebih berfokus menyalurkan kreditnya kepada debitur UMKM. Hal ini disebabkan karena terbatasnya kemampuan bank dengan modal kecil dalam menyalurkan jenis kredit lainnya diluar segmentasi UMKM. Tingkat risiko kredit yang dihadapi perbankan tidak terpengaruh oleh besarnya modal inti yang dimiliki bank tersebut. Hal tersebut disebabkan karena adanya faktor lain seperti: kemampuan manajemen risiko yang dimiliki perbankan tersebut, penerapan Good Corporate Govenance (GCG) serta budaya kerja yang ada di masing-masing perusahaan perbankan, serta kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki perusahaan itu sendiri. Kata kunci : modal inti bank, profitabilitas, porsi penyaluran kredit UMKM, risiko kredit.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Akuntansi S2
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 17 Mar 2022 05:20
Terakhir diubah: 17 Mar 2022 05:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55024

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir