PENGARUH TERPAAN INFORMASI DI TELEVISI MENGENAI KENAIKAN HARGA TIKET PESAWAT TERHADAP MINAT TERUS MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI UDARA (Studi pada Mahasiswa Pendatang di Jurusan Pendidikan Dokter Universitas Malahayati angkatan 2017)

Adam Jordan, 15160301041 (2019) PENGARUH TERPAAN INFORMASI DI TELEVISI MENGENAI KENAIKAN HARGA TIKET PESAWAT TERHADAP MINAT TERUS MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI UDARA (Studi pada Mahasiswa Pendatang di Jurusan Pendidikan Dokter Universitas Malahayati angkatan 2017). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2750Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2579Kb) | Preview

Abstrak

Kebutuhan akan informasi yang terus meningkat akan membuat manusia terus mencari informasi baru yang belum ia ketahui. Televisi merupakan salah satu bentuk media massa yang efisien dalam mencapai audiennya dalam jumlah yang sangat banyak dan sangat efektif untuk memberikan informasi dibandingkan dengan media lainnya. Informasi mengenai kenaikan harga tiket pesawat menyita perhatian masyarakat karena mengalami kenaikan harga tiket mencapai 40-120% dari harga sebelumnya. Hal ini berimbas pada penurunan jumlah penumpang yang menyebabkan kerugian yang cukup besar untuk perusahaan penerbangan, dan seluruh sektor pendukung seperti hotel, restoran hingga pariwisata domestik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan informasi di televisi mengenai kenaikan harga tiket pesawat terhadap minat terus menggunakan jasa transportasi udara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teori kultivasi yang disesuaikan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terpaan informasi di televisi mengenai kenaikan harga tiket pesawat berpengaruh terhadap minat terus menggunakan jasa transportasi udara sebesar 51.69%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui penelitian ini diketahui bahwa ketika seseorang mendapatkan terpaan dengan frekuensi dan durasi yang tinggi dapat mempengaruhi minat seseorang dalam suatu hal. Dengan nilai yang didapat, tentunya hal ini menunjukan bahwa televisi masih disukai dan dijadikan pilihan oleh masyarakat untuk mengakses informasi termasuk mengenai kenaikan harga tiket pesawat. Kata Kunci: Terpaan Informasi, Televisi, Kenaikan Harga Tiket Pesawat, Minat The needs of information who is increased make people keep update the information. Television is an efficient media to share information with a massive audience. Plane ticket raise news gets public attention because the price has risen to 40-120% from the previous price. The issue above effected to reduction of plane passengers and loses to the airlines. The purpose of this research is to determine the effect of information exposure on television regarding to the rise of airplane ticket prices to the continued interest in using air transportation service. This research is using quantitative descriptive methods with cultivation theory that is correspond to this research. The result showed that the exposure of information on television regarding to the rise of airplane ticket prices affect to the interest to keep using air transportation services around 51.69%, while the rest affected by other factors that is not examined in this research. This research found that when a person gets exposed to high frequence and duration it can affect one’s interest in a matter with the value obtained, it shows that television is still favoured and become people’s choice to access information about the rise of airplane ticket prices. Key words: Airplane Ticket Prices Increase, Interest, Exposure to Information, Television.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 17 Mar 2022 05:00
Terakhir diubah: 17 Mar 2022 05:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55028

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir