IMPLEMENTASI PROGRAM AKSI NASIONAL PEMBERANTASAN OBAT ILEGAL ( Studi pada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Bandarlampung)

Maya Marsita, 1416041052 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM AKSI NASIONAL PEMBERANTASAN OBAT ILEGAL ( Studi pada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Bandarlampung). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img]
Preview
Text
SKIRPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3965Kb) | Preview

Abstrak

Fenomena peredaran obat illegal di masyarakat ini menjadi perhatian bagi pemerintah untuk mengatasinya, dalam hal pengawasan obat dan makanan Negara telah menunjuk BPOM sebagai pelaksana dari upaya perlindungan bagi masyarakat, pemerintah sendiri telah menerbitkan Inpres no 3 tahun 2017 tentang peningkatan efektifitas BPOM sebagai lembaga Negara yang mengawasi peredaran obat makanan, hal ini pun langsung ditaggapi oleh BPOM RI untuk mencanangkan aksi pemberantasan obat ilegal dan penyalahgunaan obat. Implementasi kebijakan merupakan suatu tahapan yang sangat penting dalam keseluruhan struktur kebijakan. Kebijakan-kebijakan hanya akan sekedar berupa impian atau rencana bagus yang tersimpan rapi dalam arsip apabila tidak diimplementasikan. Begitu juga dengan program Aksi nasional pemberantasan penyalahgunaan obat illegal ini harus diimplementasikan dengan baik melalui prosedur proses implementasi kebijakan secara keseluruhan untuk melihat tingkat keberhasilan atau tidaknya pencapaian tujuan. Kesimpulan dari hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan program Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal di BBPOM Bandarlampung berdasarkan teori dari Edward III pelaksanannya sudah baik. Namun, terdapat satu variabel penghambat yang belum dapat melengkapi terlaksananya program yaitu variabel tentang kejelasan yang terdapat di aspek komunikasi. Kata kunci: Implementasi, BPOM, Obat Ilegal.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: J Political Science > JS Local government Municipal government
Pengobatan > RA Public aspects of medicine
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Administrasi Publik
Depositing User: 188364093 . Digilib
Date Deposited: 31 Dec 2018 06:21
Last Modified: 31 Dec 2018 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55037

Actions (login required)

View Item View Item