PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP STRUKTUR ATOM

DWI SITI ASYIAH, 1113023016 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP STRUKTUR ATOM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVESITAS LAMPUNG.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img] Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan mo¬del pembelajaran SiMaYang Tipe II pada materi struktur atom. Populasi da¬lam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 3. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan One Group Pretest – Postest Design. Kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, respon siswa, obser¬vasi penilaian guru dan aktivitas siswa, sedangkan keefektivan model pembelaja¬ran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan peningkatan efikasi diri siswa dan n-Gain penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan mo¬del pem¬belajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi yang diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP berkategori tinggi, res¬pon siswa berkategori sangat tinggi, observasi penilaian guru berkate¬gori tinggi, dan aktivitas siswa berkate¬gori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektivan model pem¬belajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi yang diukur berdasarkan rata-rata efikasi diri terjadi peningkatan di akhir pembelajaran dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata n-Gain untuk kelas X MIA 3 berka¬¬¬te¬gori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh (effect size) yang diukur berdasarkan rata-rata n-Gain posttest dan pretest, n-Gain penguasaan konsep dengan melakukan uji-t dan effect size berkategori besar, yaitu bernilai 0,86. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bah¬wa pembela¬jaran menggunakan model SiMaYang tipe II berbasis multipel repre¬sentasi pada materi struktur atom dikatakan praktis dan efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 188141421 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2018 07:55
Last Modified: 27 Dec 2018 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55083

Actions (login required)

View Item View Item