EVALUASI KEBIJAKAN SEKOLAH DASAR RUJUKAN (Studi Tentang Skdirektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah No.1472/D2/Kp/2016 di SD Negeri 3 Sidomukti Kabupaten Lampung Utara)

Muhammad Adhan Yuditira, 1516041076 (2019) EVALUASI KEBIJAKAN SEKOLAH DASAR RUJUKAN (Studi Tentang Skdirektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah No.1472/D2/Kp/2016 di SD Negeri 3 Sidomukti Kabupaten Lampung Utara). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1655Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1262Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah mutu pendidikan di Indonesia yang disebabkan oleh adanya masalah pada beberapa faktor seperti, kualitas guru dan tenaga kependidikan (kepala sekolah dan pengawas), kurikulum pengajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, alat bantu pembelajaran, dan manajemen sekolah. Banyak kebijakan yang telah dibuat pemerintah salah satunya Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah membuat kebijakan Sekolah Dasar Rujukan (SDR) yang tertuang pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 1472/D2/Kp/2016 tentang Penetapan SDR Tahun 2016. Tujuan dari kebijakan tersebut yaitu untuk menjadikan SDR menjadi patok duga untuk sekolah disekitarnya dan melakukan desiminasi hasil kerja terbaik SDR kepada sekolah dasar disekitarnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pelaksanaan Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan yang dilaksanakan di SD Negeri 03 Sidomukti, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara dengan menggunakan teori evaluasi kebijakan menurut Rossi dan Freeman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Sidomukti sebagai tempat penyelenggara kebijakan SDR. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hasil pelaksanaan kebijakan SDR telah berhasil dilakukan di SD Negeri 03 Sidomukti. Selain itu, beberapa indikator yaitu, tujuan kebijakan SDR telah tercapai, pencapaian kelompok sasaran juga telah tercapai, dan desain kebijakan yang telah sesuai dengan kebutuhan kelompok sasaran. Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, Kebijakan Sekolah Dasar Rujukan This research is motivated by the problem of the quality of education in Indonesia caused by problems with several factors such as, the quality of teachers and education personnel (principals and supervisors), teaching curricula, learning methods, teaching materials, learning aids, and school management. Many policies have been made by the government, one of them is the Directorate General of Primary and Secondary Education making the policy of Reference Primary Schools (SDR) as stipulated in the Decree of the Director General of Primary and Secondary Education Number 1472 /D2/Kp /2016 concerning the Establishment of Reference Primary Schools in 2016. The purpose of the policy is to make SDR a benchmark for the surrounding schools and disseminate the best work of SDR to the surrounding elementary schools. The purpose of this research is to describe the results of the implementation of the Referral Elementary School Policy implemented at Sidomukti 03 Public Elementary School, Abung Timur District, North Lampung Regency using the policy evaluation theory according to Rossi and Freeman. This type of research is a descriptive study with a qualitative approach. This research was conducted using date collection methods through interviews, documentation and observation. This research was conducted at 03 Public Elementary School Sidomukti as the organizer of the SDR policy. Based on the research that has been done, it can be concluded that the results of the implementation of SDR policy have been successfully carried out in SD Negeri 03 Sidomukti. In addition, several indicators, namely, SDR policy objectives have been achieved, the achievement of the target group has also been achieved, and the design of policies that are in accordance with the needs of the target group. Keywords: Policy Evaluation, Primary School Policy Reference

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 Mar 2022 15:13
Terakhir diubah: 19 Mar 2022 15:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55122

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir